Memperbaiki Kualitas Sperma [Sesuai Masalahnya] - Smart Promil

Memperbaiki Kualitas Sperma [Sesuai Masalahnya]

Setiap masalah sperma yang dihadapi suami anda bun, semuanya memiliki solusi.

Tentunya solusi setiap permasalah sperma berbeda-beda, karena jenis masalah sperma juga berbeda-beda.

Bahkan sangat banyak.

Namun anda tidak bisa mencari solusi masalah sperma suami, tanpa mengetahui apa akar masalahnya.

Karena itu anda harus tahu dulu apa perbedaan air mani dan sperma, semua jenis masalah dan kelainan sperma, serta sudah melakukan cek sperma suami ke lab.

Jika belum mengetahui atau memahami ke 3 hal diatas, silakan klik dan baca dulu agar anda paham dengan masalah sperma suami anda dan apa yang dibutuhkan untuk mengobatinya.

Di artikel ini saya share cara memperbaiki kualitas sperma yang ada, satu persatu.

Lanjutkan membaca!

BERBAGAI JENIS MASALAH SPERMA YANG ADA

Anatomi Sperma Sehat
Gambar diatas merupakan anatomi sel sperma yang SEHAT.

Jika sel sperma ini memiliki masalah, maka kualitasnya juga akan bermasalah.

Masalah sperma itu banyak sekali bun ya.

Mulai dari jumlah sperma yang sedikit, sperma yang memiliki bentuk yang tidak wajar, sperma dengan daya renang yang tidak baik, dan lain lain.

Sperma dapat memiliki SATU masalah, atau GABUNGAN dari beberapa masalah tersebut.

Misalnya Jumlahnya sedikit PLUS bentuknya tidak wajar,

Atau Daya renangnya tidak baik, PLUS spermanya sedikit.

Dan setiap masalah ini memiliki cara dan obat yang berbeda.

Untuk daftar berbagai jenis masalah-masalah sperma ini, saya paparkan di artikel "[Semua Jenis] Kelainan Sperma Yang Dapat Menyerang Suami Anda".

Silakan klik bila anda belum membaca atau mengetahuinya.

BERBAGAI MASALAH KUALITAS SPERMA DAN CARA MEMPERBAIKINYA

Dibawah ini saya berikan gambaran yang dapat anda gunakan sebagai langkah awal ikhtiar untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sperma suami anda.

Cara-cara ini saya ambilkan dari berbagai sumber termasuk dari situs-situs kedokteran yang dapat dipercaya.

Saya juga akan berusaha untuk tetap transparan dan apa adanya dalam memberikan solusi, TANPA memberikan janji-janji palsu seperti para penjual produk kesehatan diluar sana.

Jika anda telah memahaminya, silakan lanjutkan membaca, semoga cara-cara berikut ini dapat membantu memperbaiki kualitas sperma suami anda, saya urutkan dari yang paling ringan ke yang paling berat.

Anda juga dapat membaca tentang makanan alami yang dapat membantu memperbaiki kualitas sperma di artikel "10 Makanan Alami Untuk Kualitas Sperma Yang Lebih Baik".

1. MANI ENCER

Mani encer, atau banyak orang lebih mengenal dengan nama "sperma encer" (walau ini sebenarnya kurang tepat ), merupakan kasus dimana air mani yang diproduksi dan dikeluarkan oleh suami tidak banyak.

Sehingga terkesan encer dan sedikit.

Seperti saya bahas di artikel "Cara Mengentalkan Air Mani [Dalam 7 Hari]", Nutrisi Zinc atau SENG, berperan sangat penting dalam memicu hormon testosteron dan produksi air mani serta sperma, seperti dikatakan dr Astrid dari team Klik Dokter berikut ini:

Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.

Karenanya, mengkonsumsi makanan dengan kadar seng akan sangat membantu mengentalkan kembali air mani suami.

Selengkapnya tentang mengentalkan mani dalam 7 hari dapat anda baca disini.

2. OLIGOSPERMIA

Oligospermia merupakan kasus dimana JUMLAH sperma didalam setiap mili air mani yang dikeluarkan suami, kurang dari batas normal yang ditentukan.

Dengan kata lain, dalam satu mili liter air mani yang dikeluarkan suami, HANYA terdapat kurang lebih 10juta - 15 juta saja, dari batas normal 20 juta ekor dalam setiap ml/

Oligospermia ini HANYA menurunkan potensi keberhasilan promil saja, dan TIDAK bergitu menghambat selama belum parah dan kualitas spermanya masih bagus.

Umumnya penyebab oligospermia atau jumlah sperma sedikit ini ada beberapa jenis.

2 diantaranya adalah:

a. Oligospermia karena kekurangan NUTRISI dalam memproduksi spermanya

Jika ini kasusnya, maka cukup dengan memberikan suplai nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh kembali memproduksi sperma yang berkualitas.

Nutrisi yang dibutuhkan diantaranya zinc, selenium, magnesium, vitamin C, dan vitamin B.

Untuk suplemen yang umumnya diberikan kepada penderita dengan kasus oligospermia adalah suplemen "OLIGOCARE" yang sudah mengandung kesemua nutrisi diatas.

Harga: Rp.250.000,- isi 30 tablet Tanya suplemen ini  )

b. Oligospermia karena ada sumbatan atau masalah pada organ reproduksi

Untuk masalah oligospermia karena masalah fisik organ reproduksi tidak dapat diatasi HANYA dengan makanan sehat atau suplemen saja, namun harus melalui serangkaian pemeriksaan fisik.

Akan dicek di organ reproduksi suami apakah benar ada sumbatan atau masalah lain yang membuat produksi spermanya menurun.

Untuk hal ini, cara terbaik adalah dengan menghubungi dan mengunjungi dokter spesialis kesuburan pria ( androlog ) untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang lebih intensif.

3. ASTHENOZOOSPERMIA

Asthenozoospermia merupakan kasus dimana sel sperma tidak dapat berenang dengan baik, atau tidak dapat berenang kearah depan dengan baik.

Penyebabnya dapat bervariasi mulai dari makanan dan minuman yang kurang baik, kekurangan nutrisi untuk produksi sperma ( zinc, selenium, magnesium, Arginin dan L-Carnintine, dll ), teratozoospermia ( bentuk sperma tidak normal ), infeksi saluran reproduksi, dll.

Pengobatan untuk asthenozoospermia serupa dengan oligospermia yaitu dengan melakukan terapi suplementasi yang memenuhi nutrisi dan vitamin berupa vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, L-arginin dan L-Carnitine, serta Zinc.

Artinya oligocare juga dapat digunakan oleh penderita Asthenozoospermia.

4. TERATOZOOSPERMIA

Teratozoospermia merupakan kasus diman bentuk fisik sperma tidak wajar dan mengalami kelainan, berbeda dari sel sperma yang normal.

Penyebabnya sendiri masih belum jelas, namun bisa berasal dari banyak hal, seperti dikatakan oleh dr Yusi Capriyanti dari team Alodokter berikut :

Teratozoospermia adalah suatu kondisi gangguan sperma dimana bentuk dan ukuran sperma abnormal sehingga tidak cukup berkualitas untuk membuahi sel telur. Hal ini menyebabkan terjadinya gangguan infertilitas pada pria. Penyebabnya sendiri masih belum jelas, namun beberapa kondisi seperti usia, abnormal akrosom, oligospermia, penyakit medis seperti penyakit celiac, hodgkin dan Penyakit Chron sering dikaitkan dengan kejadian teratozoospermia tersebut.
Beberapa pendekatan terapi bisa diberikan seperti : Obat antiestrogen. Vitamin dan beberapa jenis suplemen = vitamin C, vitamin A, Zinc, grapeseed extract dll.
Ini artinya, gabungan antara suplemen ZINC dan Oligocare juga dapat dipakai untuk membantu menerapi penderita Teratozoospermia, disamping juga dengan selalu menerapkan pola hidup sehat.

5. NECROZOOSPERMIA

Necrozoospermia merupakan kasus yang jarang terjadi, dimana dari semua sel sperma yang dikeluarkan suami, hampir semua atau semuanya MATI.

Penyebabnya sampai saat ini masih belum jelas, namun terdapat indikasi beberapa penyebabnya diantara lain:

  • Infeksi di saluran reproduksi
  • Luka pada Syaraf tulang belakang
  • Masalah dengan testis
  • Masalah pada epididimis atau tempat dimana sel sperma diproduksi
  • Suhu tinggi pada testis
  • Antibodi yang menyerang sperma
  • Varicocle
  • Penggunaan obat
  • Usia yang terlalu tua

Sampai saat ini untuk solusi necrozoospermia satu-satunya cara adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik dan organ reproduksi secara menyeluruh.

Penggunaan suplemen secara mandiri TANPA melalui dokter dan pemeriksaan medis SANGAT TIDAK direkomendasikan, karena tidak akan efektif.

Jadi segera kunjungi dokter anda untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

6. LEUCOSPERMIA

Leucospermia merupakan keadaan dimana didalam air mani terdapat banyak sel darah putih, yang ikut keluar saat suami orgasme.

Umumnya sel darah putih ini bersifat antibody dan akan menyerang sel sel asing yang masuk kedalam tubuh.

Antibodi juga dapat menyerang sperma.

Umumnya antibodi ini akan dilepaskan tubuh saat terjadi luka atau infeksi, dan bila keluar bersama sperma itu artinya terdapat infeksi pada saluran reproduksi atau organ reproduksi.

Harus dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mengatasi hal ini, dan diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Pengobatan mandiri TANPA melewati pemeriksaan medis SANGAT TIDAK dianjurkan.

7. AZOOSPERMIA

Azoospermia merupakan keadaan dimana didalam air mani terdapat sedikit sekali sel sperma atau tidak ada SAMA SEKALI sel sperma didalamnya.

Terdapat banyak spekulasi penyebabnya diantaranya:

- Sumbatan Pada Saluran Sperma

Jika saluran sperma dari pabriknya menuju jalan keluar tersumbat, maka sel sperma tidak akan keluar bersama air mani.

Suami hanya akan mengeluarkan air mani saja tanpa ada sel sperma didalamnya.

Untuk mengatasi sumbatan pada saluran sperma umumnya hanya bisa lewat operasi pembukaan saluran spermanya, atau mengambil sel sperma langsung di testis  untuk digunakan pada metode bayi tabung.

- Testis Tidak Mampu Memproduksi Sperma

Umumnya hal ini terjadi di usia lanjut atau pada pria dimana kecelakaan terjadi dan menimbulkan trauma atau luka pada testis.

Hal ini lalu membuat tubuhnya TIDAK DAPAT memproduksi sperma kembali.

- Penyebab Lain 

Solusi untuk azoospermia juga serupa tidak dapat menggunakan suplementasi mandiri, karena termasuk kasus yang berat.

Jika azoospermia disebabkan karena sumbatan, masih ada harapan hamil dengan mengambil sel sperma LANGSUNG dari testis untuk proses bayi tabung.

Tapi jika azoospermia disebabkan oleh testis yang tidak dapat memproduksi sel sperma lagi, maka bisa dikatakan mandul.

Untuk kesemua masalah sperma diatas, tidak bisa dinilai hanya dengan sekilas mata melihat air yang dikeluarkan suami, tapi hanya bisa dipastikan lewat "Cek Analisa Sperma di Laboratorium".

MENCEGAH ADALAH CARA TERBAIK DARIPADA MENGOBATI


Saya banyak melihat para bunda di forum dan sosial media seakan menyamakan semua masalah sperma HANYA berdasarkan keenceran dari air mani yang dikeluarkan suami.

Bahkan ada yang menyamakan air mani dan sperma itu sama/

Saat ditanya apakah sudah pernah cek sperma suami ke lab, jawabannya "belum pernah".

Wajar dengan ketidakpahaman ini, promilnya juga menjadi terhambat.

Jangan seperti ini bun ya, karena kualitas sperma TIDAK BISA dinilai hanya dari sekilas pandang mata saja, dan hanya bisa cek kualitasnya di laboratorium, karena sangat kecil.

Baca artikel "[Cek Sperma] Panduan Cek Analisa Sperma di Lab" ini bila anda dan suami belum pernah melakukannya,

Atau klik disini untuk mengetahui apa sebenarnya perbedaan antara air mani dan sperma.
Tidak ada komentar:
Write comments